Pelatihan Usaha Produktif Balai Diklat Yayasan Dharmais Magetan

0
155

Yayasan dharmais adalah institusi yang bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan, salah satu tujuan yayasan ini adalah membantu dan membina masyarakat yang hidupnya kurang mampu agar mereka menjadi warga negara yang berguna bagi masyarakat dan negara.

Sebagaimana tertuang dalam pasal 34 UUD 1945 bahwa pemerintah diamanatkan untuk memelihara fakir miskin dan anak-anak terlantar. Yayasan Dharmais berperan serta dalam mewujudkan tujuan pemerintah tersebut. Salah satu program Yayasan Dharmais yang dilakukan saat ini yaitu kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Kulon Progo, dan Magetan melalui kegiatan pesantren Singkat Pelatihan Usaha Produktif (PSPUP), yang dilakukan oleh tiga Balai Pendidikan dan Pelatihan ( BADIKLAT) Yayasan Dharmais Bogor, Kulon Progo, dan Magetan.

Kegiatan PSPUP merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam mengatasi masalah Anak Jalanan dan Remaja Putus Sekolah, sehingga mereka memiliki keterampilan dan siap untuk bersaing di dunia luar. Pelatihan yang diberikan meliputi : Otomotif, Servive HP, AC / Kulkas, Komputer, Las, Menjahit, Sablon, Percetakan, membatik, tata boga, dan Tata Rias. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, kegiatan PSPUP di tiga BADIKLAT Yayasan Dharmais dalam setahun telah meluluskan 3 Angkatan, dimana jumlah peserta setiap angkatan rata-rata 20 orang.

Pada akhir tahun 2017, BADIKLAT Yayasan Dharmais Magetan melakukan kegiatan PSPUP Angkatan ke 45 yang berlangsung selama 12 hari dimulai dari tanggal 11 s/d 22  Desember 2017. Keterampilan yang diajarkan adalah membuat berbagai “ Makanan Olahan “ antara lain sambal pecel, aneka krupuk berbahan sayur mayur dan abon ayam. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam empat sesi yaitu pagi, siang, sore dan malam. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 15 orang putri. Para peserta pelatihan selain diberikan keterampilan mereka juga diajarkan akhlaq dan budi pekerti, serta materi-materi terkait kewirausahaan. Hal ini dimaksudkan agar ketika mereka selesai mengikuti pelatihan mereka bisa menjadi seorang pengusaha sukses yang memiliki Akhlaq dan Budi Pekerti yang baik.

Semoga dengan adanya kegiatan Pesantren Singkat Pelatihan Usaha Produktif ini dapat menciptakan pengusaha-pengusaha atau produsen-produsen baru dibidangnya serta dapat banyak membuka lapangan kerja yang baru, khususnya Kabupaten Magetan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here