Penguatan Ekonomi dan Kesehatan Panti Asuhan

0
20

Penguatan ekonomi dan Kesehatah Panti Asuhan adalah tema acara Temu Nasional (TENAS) Forum Komunikasi Panti Penerima Bantuan Dharmais (FKPPBD) yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 2 Juli 2010 bertempat di Dewa Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Acara tersebut diikuti oleh 83 orang peserta yang terdiri dari 46 orang peserta kuota (dengan undangan dari FKPPBD), 25 orang peserta non-kuota (atas permintaan peserta yang bersangkutan) dan 12 orang peserta terdiri dari Pengurus Pusat FKPPBD dan personel dari Yayasan Dharmais. Peserta adalah Pengurus Perwakilan Wilayah FKPPBD yang berasal dari seluruh Indonesia.

Temu Nasional ini dibuka oleh DR. H. Soebiyakto Tjakrawerdaja yang mewakili Prof. DR. H. Haryono Suyono (Ketua Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial – DNIKS). Dalam orasinya, disampaikan antara lain bagaimana cara-cara untuk membangun kemandirian Panti Sosial yang memiliki tujuan mulia dalam membantu Pemerintah melaksanakan amanah Undang-Undang Dasar 1945. Dalam kesempatan tersebut DR. Soebiyakto Tjakrawerdaja berkomitmen untuk membantu memfasilitasi pendirian Koperasi Panti Asuhan (Kopi Panas) dan bila diperlukan termasuk biaya akta pendiriannya. Adapun untuk modal usaha anggota FKPPBD bekerjasama dengan Pihak Ketiga akan dibantu permodalannya dengan diupayakan dari Yayasan Damandiri, Yayasan Dakab dan Yayasan Dharmais.

Tujuan pelaksanaan Temu Nasional ini bila dikaitkan dengan Tema dan Tujuan Temu Nasional maka akan selaras dengan visi besar FKPPBD yang dirangkum dalam Trilogi Pembangunan Panti Asuhan, yaitu Panti yang berkualitas “Diri”nya, berkualitas “Ekonomi”nya dan berkualitas “Kehidupan Sosial”nya demikian yang disampaiakn oleh KH. Muh Ma’shum (Ketua Umum FKPPBD dan Pengasuh PP Al Ishlah Bondowoso, Jawa Timur)

Temu Nasional dengan tema besar Panti Asuhan Kaya dan Sehat menghasilkan beberapa komitmen dan kesepakatan tindakan antara lain semakin dipahami oleh para pengasuh Panti Asuhan yang hadir yang juga merupakan Pengurus Perwakilan Wilayah di seluruh Indonesia, bahwa tugas-tugas FKPPBD untuk mengawal eksistensi Yayasan Dharmais sebagaimana hal ini menjadi motivasi pokok pendirian FKPPBD

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here