Kopi Panas Strategi Panti Menuju Mandiri

0
19

Pada tanggal 16 Mei 2011 telah dilaksanakan pembukaan Pesantren Singkat pelatihan Usaha Produktif (PSPUP) Angkatan I tahun 2011 di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso dan pembukaan Pelatihan Manajemen Perkoperasian bagi Pengurus Panti Asuhan penerima bantuan Yayasan Dharmais di wilayah Jawa Timur oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Bapak Muhaimin Iskandar. Acara tersebut dihadiri Bupati Bondowos, Unsur Muspika Kab. Bondowoso, Wali Santri, Perwakilan dan Pengurus Panti Penerima Bantuan Yayasan Dharmais.

PSPUP tersebut dilaksanakan selama 60 hari yang diikuti oleh 75 orang peserta putra yang berasal dari remaja/pemuda putus sekolah di wilayah Kab. Bondowoso dan utusan anak-anak panti penerima bantuan Yayasan Dharmais dari Kab. Jombang, Ponorogo, Banyuwangi dan Pasuruan. Jenis ketrampilan yang diberikan meliputi servis computer, servis handphone, perbengkelan, seni ukir kayu untuk meubel dan pertukangan.

Sementara itu pelatihan manajemen perkoperasian bagi Kelompok Koperasi Panti Asuhan (Kopi Panas) diikuti oleh 250 orang pengurus panti dari yang semula hanya 125 orang peserta. Pelatihan diadakan selama 3 hari dari tanggal 16 s/d 18 Mei 2011 di Aula serbaguna Sido Muncul Pasir Putih Situbondo. Materi pelatihan yang diberikan meliputi Perkoperasian oleh Dinas Koperasi, kiat mengelola koperasi, mencari peluang usaha dan sumber dana bagi Koperasi Panti Asuhan diberikan oleh pengurus Koperasi besar dan sukses di Jawa Timur yaitu Petrokimia Gresik dan Koperasi Ponpes Sidogiri Pasuruan. Sedangkan kiat-kiat cara mendapatkan peluang kuliah gratis di Perguruan Tinggi bagi panti asuhan di presentasikan Universitas Airlangga Surabaya.

Sekretaris Yayasan Dharmais Mayjen (Purn) Issantoso, dalam kesempatan itu memberikan sambutan mewakili Bapak Ketua Yayasan Dharmais dan pembekalan mengenai pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi peserta Pelatihan.

Sebagai tindak lanjut kerjasama dengan ESQ 165, telah diberikan pelatihan singkat mengenai pengembangan SDM melalui ESQ, diharapkan para peserta memperoleh pemahaman dalam memaknai kehidupannya dan menjadi pendorong semangat untuk menjadi insan mandiri yang berakhlaq baik.

Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi RI Bapak Muhaimin Iskandar, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Yayasan Dharmais atas peran sertanya membantu Pemerintah dalam mengurangi pengannguran melalui aktivitas Pesantren Singkat Pelatihan Usaha Produktif (PSPUP)

Bupati Bondowoso Bapak Amin, menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Dharmais yang selama ini telah banyak membantu masyarakat Kabupaten Bondowoso dalam mengurangi pengangguran dan berharap kerjasama ini terus dapat berlanjut dimasa yang akan datang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here